Jumat, 15 Agustus 2014

Homemade Cardboard Honeycomb Bookshelf

Source vickyadrian & karl17

Pengen rak buku keren bentuk honeycomb seperti ini ?


Sebetulnya caranya gampang, hanya menggunakan barang bekas yaitu kardus. Kira-kira kuat untuk menopang beban 5-10 kg.

Step 1: Prepare The Tools



1.      Cutter
2.     Pensil
3.     Penggaris stainless steel
4.     Insulating tape
5.     Lem kayu/fox (dicampur air dengan perbandingannya air:lem = 1:3)
6.     Kuas (untuk mengoleskan lem)
7.     Cat/piloks
8.     Kardus


Step 2: Prepare The Concept


Ada 2 rangka :




Setiap honeycomb, terdiri dari 1 buah “RANGKA 1 untuk bagian dalam, 2 buah “RANGKA 1 masing-masing untuk permukaan depan & belakang, dan 10 buah “RANGKA 2 untuk rangka penopang.

Step 3: Prepare The Cardboard






Untuk rangkanya, gunakan minimal dua lapis kardus (ingat, minimal dua lapis kardus) Sedangkan untuk lapisan permukaan cukup satu lapis kardus saja.

Agar lebih kokoh, serat kardus pada rangka yang akan menjadi tumpuan harus berlawanan arah dengan beban yang akan ditopang (lihat gambar di atas).

Step 4: Bond All Of The Frame



Setelah pola rangka sudah dipotong, susun semua menjadi seperti gambar di atas. Jangan lupa gunakan lem pada setiap sambungan.



Lapisi bagian luar rangka yang sudah jadi dengan 1 lapis kardus, jangan lupa beri insulating tape pada setiap sambungan  dan sudut-sudutnya untuk menutupi lubang yang mungkin kelihatan dan supaya terlihat rapi.

Catatan: Saat menyusun rangkanya, susun dengan hati-hati agar bentuknya terjaga sesuai dengan pola hexagonal. Tingkat presisi penyusunan pola nantinya akan mempengaruhi tingkat kekuatan dan daya topang haneycomb-nya.

Step 5: Finishing



Untuk finisingnya agar lebih indah bisa di cat menggunakan cat semprot. Atau kalau dananya mepet, bisa menggunakan cat yang disemprotkan dengan menggunakan alat semprot obat nyamuk seperti di atas.

Step 6: The Result


Jadi deh 1 buah honeycomb. Ulangi langkah 3-4-5 sesuai dengan jumlah honeycomb yg anda  mau. Tapi minimal buat 5 honeycomb agar nanti saat disusun bisa menyerupai sarang lebah seperti gambar di atas. Setelah itu susun setiap honeycomb-nya, tempel di dinding menggunakan “angle bar”. Cari di googel apa itu “angle bar” jika belum tahu.

Selamat mencoba !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar