Jumat, 08 November 2013

Teknik Lanjutan Memotong Pola Paper Model


Written by Ardiansyah Ardan     

Saya ingin berbagi tentang metode tingkat lanjut  yang mencakup pemotongan pola paper model. Sebagaimana diketahui langkah awal untuk membuat paper model yang baik dan benar dimulai dari teknik pemotongan. Dengan menggunakan metode pemotongan ini anda akan mampu menyusun hampir semua bagian dari model dimana tepi bagian ini bergabung di bawah hampir sudut apapun, tanpa perlu untuk mewarnai tepi.

Kunci untuk trik ini adalah untuk memotong pola di bawah sudut yang tepat, tepat di tengah-tengah garis, dan menghindari menyentuh mereka, kecuali untuk kasus-kasus ketika Anda sedang bekerja di tepi itu untuk meningkatkan kualitas, bevel atau kualitas kecocokan. Jika Anda mengerjakan hal-hal ini secara tepat Anda akan dapat menghindari untuk mewarnai tepian pola sedikitnya 70%.

Sekarang mari kita lihat bagaimana sebagian besar dari kita cenderung untuk memotong bagian-bagian dari halaman pola paper model.

Dengan memotong kartu dengan pisau yang diselenggarakan secara vertikal kita membuat alur bentuk V dan akhirnya akan berakhir dengan bagian dengan tepi miring, seperti pada (Gambar 1) pada gambar terakhir (Gambar 4). Skenario ini akan mengharuskan anda untuk mewarnai tepi pola untuk menutupi sebagian tepi kertas putih yang terlihat.


Tapi, jika Anda memotong kartu dengan ujung pisau yang miring posisi sejajar dengan tepi penguasa, Anda akan berakhir dengan memotong 90 derajat. Dalam hal ini, ketika Anda meletakkan dua bagian bersama-sama tepi akan menghilang, dan hasilnya anda tidak perlu melakukan pewarnaan apapun pada tepi pola. (Gambar 2). 


Dan akhirnya Anda dapat memotong pola di bawah setiap sudut yang dikehendaki, terutama jika parameter sudut antara 180-45 derajat. (Gambar 3).

Sebagai perbandingan dari ketiga tekhnik memotong diatas bisa dilihat di bawah (Gambar 4)


Artikel ini saya ambil dan terjemahkan secara bebas dari salah seorang anggota forum PaperModellers.com dengan nick Rutek63, terima kasih atas ijin anda untuk saya agar bisa berbagi teknik ini dengan semua paper model builder di Indonesia. Jika anda ingin membacanya dalam bahasa Inggris, silahkan kunjungi Link ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar