Rabu, 15 Januari 2014

Cara Menggulung Kertas


Written by Adhiwardhana Widjajanto     

Kita sering menemukan pola berbentuk tabung polos yang tak memerlukan scoring pada sisi lengkungnya. Untuk melakukan folding yang rapi, gunakan alat bantu berbentuk batang yang licin seperti batang obeng dari besi untuk menggosok bagian dalam pola dengan alas telapak tangan kita. Kalau polanya terlalu besar, bisa gunakan lengan bawah sebagai alas.


Cara di atas hanya dapat diaplikasikan pada pola yang cukup besar (diameter lebih besar dari 5mm). Untuk pola tabung dengan diameter kurang dari 5mm, ada beberapa trik khusus untuk melakukan folding.

Score secara rapat bagian belakang pola dengan bantuan penggaris sejajar dengan penampang tabung. Pola akan otomatis melengkung karena scoring anda. Setelah itu bantu dengan pinset untuk folding sampai kedua ujung bertemu. Bila perlu, tambah tekanan gulungan dengan cara: taruh pola yang telah tergunung di atas cutting mat, tekan dengan jari dan gulung sambil menambahkan tekanan.

Jika cara di atas belum dapat menggulung pola sesuai kebutuhan, mungkin kertas yang anda gunakan terlalu tebal. Cara terakhir adalah dengan mengganti kertas dengan yang lebih tipis, atau jika anda menggunakan kertas semacam briefcard atau matte, sobeklah lapisan dalam kertas dengan hati-hati sehingga ketebalan kertas akan berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar