Jumat, 27 Desember 2013

Inner Flaps


Written by Adhiwardhana Widjajanto     

Seperti yang telah kita ketahui, flaps pada model kertas adalah bagian dimana dua sisi kertas direkatkan. Biasanya para desainer model kertas telah menyediakan flaps reguler pada salah satu tepi pola. Flaps reguler memiliki kelemahan yaitu membuat bidang rekat tidak sama tinggi. Efek dari hal ini cukup banyak terutama jika anda menggunakan kertas yang tebal, diantaranya tepi kertas yang biasanya putih jadi terlihat (dapat ditutup spidol dengan warna yang sama dengan pola), sambungan antar dua silinder tidak rapi karena dengan diameter yang sama silinder yang satu "dipaksa masuk" ke dalam silinder pasangannya. Lalu bagaimana solusinya?


Dengan inner flaps, hal-hal di atas dapat dihindari. Gambar di bawah yang ditunjuk dengan panah merah adalah salah satu contoh inner flaps. Inner flaps merupakan pola yang terpisah dari pola utamanya. Pada dasarnya inner flaps ditempelkan di bawah kedua bidang kertas yang akan direkatkan.

Perhatikan kasus ini, silinder kiri akan disambungkan pada silinder kanan (catatan, silinder kiri sudah dibuat dengan menggunakan inner flaps). Pertama, buat silinder dan rekatkan dengan inner flaps, sehingga tinggi kertas pada sambungan silinder sama. Agar lebih rapi, tepi kertas diberi warna menggunakan spidol sesuai dengan warna polanya.

Gulung inner flaps seperi gambar di bawah sehingga akan memudahkan kita pada perekatan.

Rekatkan inner flaps pada silinder kanan. Pastikan bahwa lidah-lidah inner flaps sedikit ditekuk ke dalam agar memudahkan flaps masuk ke silinder kiri. Jika perlu, warnai juga lidah-lidah inner flaps dengan spidol.

Olesi bagian dalam silinder kiri dengan lem yang cukup banyak sehingga memungkinkan adanya gerakan penyesuaian (trimming). Kemudian masukkan inner flaps ke dalam silinder kiri. Jari kita akan merasakan saat silinder kiri dan silinder kanan benar-benar saling menempel karena tepi kertas silinder kiri benar-benar rata dengan tepi kertas silinder kanan. Setelah menyesuaikan posisinya, tahan beberapa saat agar lem mengering. Jika perlu tekan inner flaps dengan pinset.

Perhatikan gambar, sambungan antar silinder benar-benar rata.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar