Sabtu, 07 Desember 2013

Cara Melipat dan Menempel


Written by SionggonoSalim        

Melipat
Sebelum melipat pola, ada baiknya melakukan proses scoring pada garis bantu yang telah disediakan (usahakan sesuai dan tepat di atas garis bantu). Supaya rapi, lakukan proses scoring dengan menggunakan pena yang sudah tidak terpakai atau dengan menggunakan pisau cutter tumpul. Goreskan pisau cutter tumpul tersebut dengan bantuan penggaris besi di atas garis bantu, jangan sampai terputus. Scoring berlaku untuk pola dengan detail besar dan kecil. Untuk melipat pola dengan detail kecil gunakan pinset khusus. Proses di atas dilakukan agar pola mudah untuk dilipat dan terlihat lebih rapi.


Menempel
Setelah itu masuk pada proses menempel, gunakanlah alat bantu berupa tusuk gigi atau batang korek api untuk mengoleskan lem. Pengolesan lem jangan terlalu tebal. Oleskan secukupnya dan ratakan lem tersebut dengan menggunakan tusuk gigi, kemudian rekatkan. Apabila pada saat perekatan terdapat lem yang keluar jalur (keluar dari batas garis lipatan), bersihkan dengan menggunakan tusuk gigi atau batang korek api. Perlu diingat, jangan menggunakan tangan untuk membersihkan, agar tidak timbul noda atau bercak kotor pada kertas.

Mewarnai
Setelah proses menempel selesai dan terdapat garis putih pada sisi part, warnai garis putih tersebut dengan menggunakan spidol atau dapat dicat ulang yang disesuaikan dengan warna aslinya.

Tip & Trik
Sebelum proses menempel dilakukan, ada baiknya melakukan pengaturan part yang akan digabungkan (ditempel) supaya mendapatkan sebuah gambaran dan untuk menghindari kesalahan pada saat perekatan.

Apabila ada dua part dimana salah satu part terdapat flap yang harus ditempel di bagian dalam part lain, cara merekatkannya adalah :
1.   Sebelum ditempel, atur posisi dan paskan Part A (dengan flap) dan Part B (tanpa flap) terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan pada saat perekatan.
2.   Oleskan lem pada flap Part A dengan menggunakan tusuk gigi, jangan terlalu tipis dan jangan terlalu tebal. Oleskan juga lem pada sekeliling bagian dalam Part B.
3.   Gabungkan kedua part tersebut. Tahan dengan tangan beberapa saat, kemudian lepaskan ketika Anda yakin kedua part tersebut sudah menempel dengan baik.
4.   Jika terdapat lem yang keluar jalur, gunakan tusuk gigi untuk membersihkan.

Option : Flap Part A boleh discoring ataupun tidak discoring. Tetapi lebih baik tidak discoring, cukup dilipat sedikit ke dalam agar flap tersebut lebih kokoh dan mudah direkatkan.

Ingat! agar hasil kerja menjadi rapi, kuncinya adalah ketekunan, serta kesabaran dan niat yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar