Jumat, 13 Juni 2014

Teknik Rahasia Saat Kesulitan Merakit Papercraft

Terkadang, para papercrafter pemula seperti saya terhenti di tengah jalan ketika sedang  merakit suatu model papercraft di  karenakan menemui kesulitan dalam perakitannya. Banyak hal yang bisa membuat para papercrafter pemula menemui kesulitan dalam perakitan suatu model. Misalnya  karena model yg di dapat tidak ada instruksi perakitanya. Atau model yang cukup/sangat rumit sehingga meskipun disertai dengan instruksi perakitan masih sulit dimengerti bagi para pemula yg baru saja menekuni dunia papercraft. Dan lain sebagainya.

Untuk dua kasus di atas, sebenarnya merakit suatu model papercraft itu gampang2 susah. Gampang karena pola udah ada (dibuatin n dishare secara free oleh para desainer baek), tinggal rakit (2P2T/print-potong-tekuk-tempel) gak perlu ngedesain sendiri . Ngedesain model papercraft susah lho, terutama saat unfold model 3D nya apalagi kalo modelnya rumit (gue gak bisa hehe….). Susahnya sebenernya dari diri papercrafter sendiri yaitu susah ngumpulin mood, kurang tekun  n kurang ‘telaten’ serta kurang imajinatip saat ngerakit. Ditambah lagi dng kurangnya pengalaman ngerakit bagi seorang pemula yang masih baru di dunia perkertasan.


Kebanyakan papercrafter pemula ngiler ketika ngeliat hasil rakitan para sesepuh papercraft builder  yg bagus luar biasa kayak bukan dari kertas (coz kinclong beut). Pengen ngerakit sendiri, langsung ke warnet (yg gak punya modem) buka mbah google, cari polanya langsung yg rumit. Saat ngerakit baru deh kerasa kalo kemampuan masih terbatas. Masuk forum tanya2 para sesepuh ini itu, pola ini tempelinnya di mana, dll. Mending langsung ngerti, eh… udah di jelasin panjang lebar masih gak ngerti juga, ampe bikin para sesepuh geleng2 kepala. Itu kan namanya malu2in. Emang sih ada pepatah bilang ‘malu bertanya sesat di jalan’ tapi kan pepatah yg laen mengatakan ‘banyak bertanya malu2in’. (Kayaknya pengalaman pribadi deh hehehe……)

Nah daripada ngerepotin para sesepuh papercrafter n malu2in diri sendiri mendingan gini deh, coba yakinin diri sendiri kaya gini "Orang lain aja bisa tanpa banyak tanya, kita juga harus bisa dong". Kalo pun ternyata masih mentok n nggak bisa banget, ada 2 kemungkinan :

1.      Part nya kurang/hilang ato part nya ngaco alias impossible buat di build (desainernya bego)
2.     Teknik merakit nya kurang mahir (buildernya masih bego/belom pinter)

Kalo ternyata part nya kurang/hilang/ngaco karna desainernya bego, saatnya  menggunakan 3 teknik rahasia perakitan papercraft. Teknik yang sudah dilakukan sejak zamannya Papercraft masih berkembang di Eropa dan Jepang. Teknik ini kemudian dipopulerkan oleh para sesepuh papercrafter  di Indonesia dan digunakan secara umum di berbagai model papercraft. Ketiga teknik tersebut adalah :

1.      UYCS (Use Your Common Sense)
2.     TNE (Trial aNd Error)
3.     BRUCE (BRUte forCE)  disertai DAYOR (Do At Your Own Risk) (Opsi terakhir ketika No. 1 n 2 gagal)


Merakit suatu model papercraft memang ‘njlimet’, tapi di situlah keasikannya, jalanin aja prosesnya. Ini kan merupakan sebuah hobi seharusnya dijalanin dengan hati yg senang. Seorang papercraft builder pemula juga harus bisa berimajisasi tinggi saat ngerakit agar bisa ngebayangin gimana ntar hasil jadinya sehingga bisa membantu mempermudah saat proses perakitan. Yg penting tetep semangat n jangan mudah menyerah!!!

Semoga bisa membantu memberi semangat buat para papercrafter pemula/nubie seperti saya yg kesulitan saat merakit papercraft!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar