Jumat, 06 September 2013

Apa Itu Model Kertas?

 Written by Sionggono Salim

Berbeda dengan origami, model kertas lebih melibatkan memotong kertas atau karton dan perekatan kembali bersama-sama, meskipun beberapa lipatan dan lengkungan juga terlibat di dalamnya. Model kertas sederhana dapat diajarkan di sekolah-sekolah, sehingga anak-anak dapat membuat model kertasnya sendiri. Model kertas sederhana tidak memerlukan keahlian matematika yang luas, tetapi dapat digunakan untuk menggambarkan matematika dasar, atau untuk membuat orang bersemangat tentang matematika.

Membuat model kertas tidak hanya digemari oleh anak-anak saja, bahkan saat ini banyak yang menggemari seni kertas ini, baik dari kalangan muda hingga dewasa.

Membuat model kertas biasanya cukup rumit, bahkan tingkat kesulitannya hampir mirip dengan membuat replika dari bahan lain seperti kayu atau plastik dengan model-model seperti kereta api, perahu, dan pesawat.

Mendesain model kertas sangat menantang, tetapi menyenangkan dan memerlukan mata yang baik untuk mendesainnya. Beberapa desainer menggunakan program tiga dimensi yang banyak membantu pekerjaannya. Caranya adalah dengan mengubah objek tiga dimensi menjadi pola dua dimensi yang dapat dicetak.

Para perakit model kertas (builder) juga lebih mudah jika ingin memodifikasi sebuah model kertas, yaitu dengan menambahkan atribut atau aksesoris-aksesoris yang dapat memperunik model yang ada.

Dalam pembuatan model kertas, struktur objek tiga dimensi (3D) dari kertas dapat dibantu dengan kertas kaku, kardus, atau bahkan kayu, untuk memastikan bahwa model tersebut tidak terlalu rapuh.

Untuk mencegah terjadinya perubahan pada warna atau bahan dasar kertas, model kertas yang sudah dirakit dapat dicat, dicelup, atau ditekstur dengan bahan-bahan khusus. Bahkan ada juga yang menambah lapisan pelindung yang akan membuatnya semakin kokoh.


Alat untuk membuat model kertas sangat sederhana dan mudah didapat. Para builder menggunakan peralatan seperti cutter, gunting, cutter-pen, penggaris besi, lem, tusuk gigi / batang korek api, cutting mat, dan pinset.

Pinset yang beragam bentuknya digunakan untuk membantu melipat pola yang mempunyai lipatan kecil dan sulit dilipat dengan tangan. Tusuk gigi atau korek api juga merupakan alat bantu untuk membubuhkan lem pada permukaan kertas yang akan direkatkan.

Jenis kertas yang digunakan dalam model kertas sangat beragam tergantung pada model yang akan dibuat. Berat jenis kertas yang biasa digunakan antara 100gsm (untuk model dengan detail yang kecil) sampai dengan 220-240gsm (untuk model dengan detail yang cukup besar).

Memang membutuhkan niat dan kesabaran, serta imajinasi dan kreativitas dalam mengerjakan pekerjaan seni ini. Untuk itu para desainer lebih mengutamakan efek realitas dalam desain dan para buildernya mengutamakan kerapihan ketika membuat suatu model kertas. Ada suatu kenikmatan tersendiri yang tidak dapat diungkapkan apabila kedua tujuan tersebut tercapai.

Mari tunjukkan pada dunia, kreasi dan kreativitas yang telah kita ciptakan dan berikan apresiasi bagi para pekerja seni. Semoga seni pembuatan model kertas dapat menjadi inspirasi bagi semua orang, karena seni tidak terbatas dan banyak cara untuk membuat sebuah benda agar memiliki nilai seni yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar