Rabu, 18 September 2013

Kategori Papercraft


Written by Julius Perdana

Papercraft beberapa tahun belakangan ini telah berkembang sangat pesat sehingga kita melihat begitu banyak wujud papercraft, mulai dari yang sederhana sampai dengan yang rumit. Sebelumnya papercraft sendiri artinya adalah kerajinan kertas, namun begitu papercraft seakan memisahkan diri dari origami karena mereka adalah dua hal yang sangat berbeda jika dilihat dari proses penciptaan dan alat2 yang digunakan.

Belum ada pengkategorian papercraft yang baku, masih banyak simpang siur definisi juga pemakaian kata yang mungkin keliru. Maka ada baiknya Peri mengkategorikan papercraft menurut versinya sendiri. Kriteria pengkategorian dilihat dari sisi peminat, dan bentuk fisik papercraft yang memang memiliki perbedaan yang cukup signifikan sehingga memberikan kemudahan untuk memiilah kategorinya.

·         Pepakura         : ke jepang2 an , sangat berhubungan dengan anime dan manga jepang, mulai dari sederhana sampai medium.
Kata kunci       : simple and cute as possible, anime

·         Papertoy          : sangat urban, pop culture art, trend masa kini. bentuk simple dan kreasi/karakter sendiri. Texture/skining art sangat ditonjolkan, sangat dekat dengan graphic design dan pop art.
Kata kunci       : as simple as possible, urban art

·         Papermodel      : replika benda asli, kebanyakan menggunakan skala, kemiripan dengan benda aslinya sangat diutamakan, sangat erat dengan miniatur dan arsitektur.
Kata kunci       : as "not" simple as possible, miniature

Tidak ada komentar:

Posting Komentar