Jumat, 06 September 2013

Sejarah Model Kertas

Written by Rauf Raphanus

Model kertas adalah sebuah kerajinan yang sudah dikenal sejak dahulu kala. Model kertas cukup populer setelah perang dunia ke-2, ketika banyak orang yang kagum dengan bentuk dan sejarah dari alat-alat perang seperti tank, pesawat, kapal tempur, dan peralatan perang lainnya.

Setelah itu, model kertas dikembangkan lagi menjadi banyak bentuk seperti bangunan, mobil, motor, pesawat, karakter kartun, hingga model-model lainnya. Perkembangannya sangat pesat dari awal tahun 1990an di daerah Jepang dan Eropa. Di Indonesia, beberapa media telah memperkenalkan model kertas di tahun 1990an. Mereka adalah Majalah Angkasa, Bobo, Smurf, dan lainnya. Mungkin beberapa dari anda juga pernah merakitnya dahulu?


Pada awal tahun 2000, beberapa perusahaan besar mulai memanfaatkan model kertas sebagai sarana promosi mereka. Perusahaan itu memberikan desain model kertas yang berkaitan dengan produk mereka secara gratis di internet. Cara ini dianggap cukup berhasil untuk berpromosi dan juga untuk memperkenalkan model kertas ke dunia.

Kini manfaat model kertas sangat banyak. Mulai dari kado, souvenir, bahan koleksi, pembuatan model acuan, kenang-kenangan, hingga dapat melatih kreativitas anak usia dini. Tapi jangan salah dulu, model kertas ini bukan cuma mainan untuk anak kecil koq. Buktinya, banyak mahasiswa dan profesional muda mulai hobi merakit model kertas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar