Jumat, 06 September 2013

Builder & Designer


Written by Rauf Raphanus

Dalam Paper Replika Indonesia, dikenal dua profesi yang berkaitan dengan model kertas. Pertama adalah Desainer (pembuat pola), dan yang kedua adalah Builder (perakit pola). Profesi keduanya sangat penting dalam kelangsungan persediaan model kertas.


Desainer adalah orang yang mendesain bentuk model kertas berdasarkan bentuk-bentuk yang sudah ada atau fiksional. Ada desainer model kertas yang hanya menggunakan desain manual dengan penggaris, jangka dan kalkulator. Namun ada juga desainer yang dibantu dengan menggunakan software komputer.

Selain desainer, ada juga yang disebut Builder, yaitu orang yang merakit model kertas dari desain yang sudah ada, baik yang diunduh dari internet maupun yang dari buku. Masing-masing builder mempunyai teknik-teknik merakit tersendiri.

Ada yang unik tentang profesi builder dan desainer. Dari segi jumlah, builderlah yang terbanyak, namun dari segi produk, desainer yang menang. Sebagian besar builder tidak terlalu mahir mendesain, sedangkan sebagian besar desainer tidak terlalu mahir merakit model kertas. Namun hanya ada sedikit orang yang mahir kedua-duanya, baik menjadi desainer maupun menjadi builder.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar